Posted by : Unknown Jumat, 16 Januari 2015





Rasulullah saw., adalah pribadi yang berhati halus sehingga mudah meneteskan air mata. Beliau pernah menangis cukup lama. Tatkala Bilal mengumandangkan adzan, tangisan beliau belum juga mereda. Apa sebabnya?
Pada suatu malam, beliau meminta Aisyah ra., untuk meninggalkan beliau sendirian agar bisa bermunajat kepada Allah. Beliau bangkit dari atas pembaringan untuk bersuci, lalu mengerjakan shalat. Dalam munajat tersebut beliau terus-menerus mengangis sampai basahlah bagian depan pakaian beliau, demikian pula jenggot beliau, bahkan tanah (tempat beliau shalat) pun menjadi basah.
Seperti biasa, saat menjelang subuh, Bilal pergi ke masjid dan mengumandangkan adzan. Setelah selesai adzan ia tidak mendapati Rasulullah saw., seperti biasanya. Ia bergegas menuju rumah Rasulullah saw. Di sana ia mendapati manusia mulia itu menangis.
Melihat keanehan itu Bilal bertanya, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau menangis? Bukankah Allah telah mengampuni dosa engkau yang telah lalu dan yang akan datang?”
Rasulullah saw., menjawab, “Apakah aku tidak ingin menjadi hamba yang pandai bersyukur? Sesungguhnya tadi malam telah turun sebuah ayat kepadaku. Sesungguhnya celaka orang yang tidak membacanya dan tidak merenungi kandungannya. Ayat itu (yang artinya) adalah, Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal (QS. Ali Imran [3]: 190).”
Meski selalu mendapat rahmat dan ampunan-Nya, Rasulullah saw., tetap ingat pada Allah serta selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Hal tersebut beliau lakukan sebagai bentuk syukur kepada-Nya. Bagi beliau, syukur bukan berarti menikmati hidup, melainkan mengabdikan diri kepada Sang Pemberi hidup.


[Betapa Rasulullah Merindukanmu. Abdillah F. Hasan. Quanta.]

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Blogroll

Ashifana Zone

Diberdayakan oleh Blogger.

Badai di Bulan Juni

Assalamu'alaikum...

Copyright © Arashi Zone -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan