Posted by : Unknown Minggu, 18 Januari 2015



“Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin Allah mengampunimu? Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nuur [24]: 22)

Suatu hari Rasulullah saw., sedang bertawaf mengelilingi Ka’bah. Melihat itu, seorang kafir Quraisy bernama Fadhalah bin Umair menguntitnya dari belakang. Fadhalah memang sudah lama punya niat busuk. Ia berencana membunuh Rasulullah saw. Menurutnya, inilah waktu yang paling tepat.
Tatkala Rasulullah saw., sedang tawaf sendirian, Fadhalah menghunus pedangnya untuk menikam Rasulullah saw., dari belakang. Namun, Allah memerintahkan Malaikat Jibril untuk memberi tahu beliau tentang niat jahat Fadhalah.
Saat Fadhalah pada posisi mendekati Rasulullah saw., tanpa melihat kebelaang, beliau langsung menanyakan keadaannya, “Apakah engkau Fadhalah?”
Pertanyaan itu membuat Fadhalah heran. Bagaimana beliau tahu kalau  dia ada di belakang beliau? “ Ya, saya Fadhalah,” jawabnya gegabah.
“Apakah yang tadi engkau rencanakan dalam hatimu?”
Betapa terkejutnya Fadhalah. Ternyata Rasulullah saw., mengetahui rencana busuknya. Ia berkelit, “Tidak ada, ya Rasulullah. Saya tengah berzikir.”
Rasulullah saw., tersenyum mendengar jawaban Fadhalah. Beliau mengucapkan istighfar lalu meletakkan telapak tangan beliau di dada Fadhalah sehingga hati hati lelaki itu menjadi tenteram.
“Sungguh, ketika nabi mengangkat tangannya dari dadaku, maka tidak ada yang lebih kucinta di seluruh dunia ini selain Rasulullahsaw.,” kata Fadhalah.


Aisyah ra., berkata, “Rasulullah bukanlah seorang yang keji. Beliau pun tidak suka berkata keji. Beliau bukan orang yang suka berteriak-teriak di pasar. Beliau tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Sebaliknya, beliau suka memaafkan dan merelakan.”
(HR. Ahmad)

“Hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin Allah mengampunimu? Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. An-Nuur [24]: 22)


[Betapa Rasulullah Merindukanmu. Abdillah F. Hasan. Quanta.]



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Blogroll

Ashifana Zone

Diberdayakan oleh Blogger.

Badai di Bulan Juni

Assalamu'alaikum...

Copyright © Arashi Zone -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan